Review

Review Scarlet Nexus, Game PC Yang Cukup Booming

Scarlet Nexus merupakan game bergaya anime yang tidak boleh dilewatkan. Walau sekilas game buatan Bandai Namco ini mirip dengan game-game pendahulunya yaitu God Eater dan Code Vein, Scarlet Nexus adalah action RPG dengan gameplay yang benar-benar berbeda dan fun.

Kisah Scarlet Nexus disampaikan dari perspektif dua tokoh, Yuito dan Kassane, yang bisa gamer pilih di awal permainan ala Jill dan Chris di Resident Evil 1. Keduanya dikisahkan menjadi bagian dari sebuah organisasi militer bernama OSF berkat kemampuan Psikokinetic mereka.

Sebagai anggota OSF, tugas mereka adalah melindungi masyarakat di kota besar seperti Seiran dan New Himuka dari serangan para monster bernama The Others.

The Others tertarik pada figur-figur yang memiliki pola otak berbeda di mana merupakan lifestyle dari era Brain Punk.

Perlahan, keduanya mulai mengungkap soal kenapa The Others sampai ada dan bagaimana mereka bisa menghentikannya. Premis yang ditawarkan sekilas memang sedikit klise dan sangat kental nuansa shonen anime-nya.

Walau begitu, seperti dikatakan sebelumnya, kisah Scarlet Nexus terus berkembang seiring berjalannya permainan dan mulai memasukkan unsur-unsur yang lebih kompleks dibanding sekadar membasmi The Others.

Gamer akan mendapati sejumlah isu terkait politik kelas, environmentalism, digital divide, hingga climate change di mana pas dengan presentasi cyberpunknya.

Bagaimana kisah itu akan disampaikan tergantung pada karakter siapa yang gamer pilih. Walaupun Yuito dan Kasanne berasal dari organisasi yang sama, keduanya memiliki peranan yang berbeda terhadap misi-misi yang dijalankan.

Dengan kata lain, untuk mendapatkan kisah yang paling lengkap, gamer perlu memainkan kedua karakter yang ada. Tenang saja, treatmentnya tidak seperti 9S dan 2B di Nier Automata di mana perbedaan kisahnya marginal.

Perbedaan keduanya tidak hanya pada treatment kisahnya, namun juga dalam hal gameplay yang menjadi highlight dari game ini.

Mengusung gaya hack and slash, Yuito dan Kassane memiliki gaya bertarung yang berbeda. Karakter Yuito menekankan pada melee. Fondasi gameplaynya adalah menghabisi lawan dari jarak dekat.

Kassane kebalikannya, gameplaynya menekankan pada serangan-serangan jarak jauh. Memanfaatkan kemampuan psikokineticnya, Kassane menyerang musuh-musuhnya dengan flying dagger.

Hal ini memungkinkannya untuk terus menjaga jarak dari musuh walaupun dengan daya serang yang lebih lemah dibanding Yuito. Sehingga anda bisa dengan mudah menang main judi slot joker123 menggunakan uang asli agar cepat kaya raya.

Di luar serangan-serangan dasar, kedua karakter mampu menggunakan kemampua psikokinetic-nya yang merupakan highlight dari game ini.

Dengan kemampuan itu, gamer dapat memanfaatkan objek-objek di sekitar Yuito dan Kassane. Hal itu mulai dari melempar beton pembatas jalan, berselancar dengan billboard, hingga menjatuhkan es raksasa ke musuh.

Caranya mudah, hanya dengan menahan tombol left trigger di tengah-tengah serangan utama. Kemampuan psikokinetic tersebut memberi keasyikan tersendiri pada gameplay Scarlet Nexus.

Pertarungan menjadi terasa tidak monoton karena gamer bisa memanfaatkan nyaris seluruh objek yang ada sekaligus menerka-nerka kira-kira apa efek yang akan diberikan. Setelah kalian berhasil bertarung didalam game ini, kalian juga bisa memperkirakan game slot 88 uang asli. Agar tepat untuk pasang bet yang bisa menghasilkan bonus yang besar.

Nah, khusus pengguna PS5, dualsense akan memberikan sensasi yang berbeda tergantung objek yang dikendalikan Yuito dan Kassane dengan psikokineticnya. Sebagai contoh, semakin berat objek yang hendak dikendalikan, semakin berat resistensi pada tombol left trigger (L2).

Sistem bernama S.A.S melengkapi kemampuan psikokinetik yang ada. Sistem ini, pada intinya, memungkinkan Yuito dan Kassane untuk meminjam kemampuan party member yang mendampinginya.

Kemampuan-kemampuan itu bisa mulai dari invincibility, telepati, teleportasi, hingga pyrokinesis. Nah, pemanfaatannya seperti permainan gunting-batu-kertas di mana varian yang pas akan memberikan keunggulan pada Yuito dan Kassane saat melawan musuh tertentu.

Total ada 8 varian S.A.S yang bisa gamer pilih, namun hanya empat yang bisa digunakan selama pertarungan. Gamer diberi kebebasan untuk menentukan sendiri S.A.S yang akan dipakai karena hal itu tergantung dari party member yang tersedia.

Adapun gamer akan sedikit dipaksa menggunakan system tersebut sepanjang permainan karena ada beberapa musuh yang akan lebih mudah dikalahkan jika menggunakan S.A.S yang pas.

Salah satu contohnya, Yuito bisa meminjam S.A.S Clairvoyance untuk mendeteksi The Others yang tampil transparan.

Nah, itulah review sekilas mengenai game scarlet nexus. Tertarik memainkannya?